DANA mengaku melihat peningkatan yang signifikan dalam memenuhi kebutuhan pengguna selama tahun 2022, terutama dalam transaksi digital.
Perusahaan juga menduduki puncak kategori ‘Top Improver’ dalam Peringkat Sistem Pembayaran dan Perbankan YouGov 2022.
Peringkat ini didasarkan pada skor pertimbangan merek yang positif dari YouGov BrandIndex. Skor ini mengukur berapa banyak pelanggan institusional atau merek layanan keuangan yang akan kembali ke merek tersebut di masa depan.
Portofolio digital DANA mencatatkan pertumbuhan positif di penghujung tahun 2022, selain menduduki peringkat #1 dalam kategori ‘Pelaku Terbaik’ YouGov.
Rata-rata jumlah transaksi per hari aplikasi DANA sebanyak 16,4 juta transaksi, meningkat 160,30% pada November 2022 (YTD).
Kebiasaan transaksi digital pengguna yang melakukan transaksi remitansi juga meningkat signifikan, terutama dengan peningkatan 323,46% pada November 2022 (YTD).
Berbagai fitur premium lainnya juga mencatatkan peningkatan signifikan, antara lain pembayaran QRIS sebesar 374,25%, pembayaran tagihan sebesar 172,47% dan transaksi pembelian emas digital sebesar 262,87%.
Hal ini menandakan semakin tingginya tingkat kepercayaan pengguna dalam menggunakan aplikasi DANA sebagai solusi layanan keuangan modern yang aman, nyaman dan terpercaya.
Rangga Wiseno, Chief Product Officer DANA Indonesia, mengatakan potensi yang tercipta dari perkembangan teknologi menjadi peluang bagi penyedia jasa pembayaran (PJP) untuk terus berinovasi menghadirkan layanan yang pada akhirnya akan mengakselerasi literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.
Anya.
“Peningkatan trading yang berasal dari berbagai fitur Dana menunjukkan komitmen kami untuk selalu memberikan pengalaman trading terbaik kepada masyarakat,” kata Ranga dalam keterangannya, Jumat (30 Desember 2022).
Ia menambahkan DANA akan menjadi solusi keuangan modern untuk memenuhi kebutuhan keuangan berbasis gaya hidup lebih banyak pengguna di seluruh Indonesia.
Sementara itu dilansir balitteknologikaret.co.id, Director of Customer Service YouGov, Ali Arya mengatakan, transformasi digital Indonesia menunjukkan tren yang akan terus menguat sepanjang tahun 2022, dengan dompet digital menjadi salah satu sektor dengan pertumbuhan tertinggi di sektor keuangan.
“4 dari 5 ” Best Improver “Peringkat perbankan dan sistem pembayaran penuh dengan dompet digital dan merek perbankan digital. Ini menunjukkan potensi pertumbuhan yang sangat besar dari ekosistem digital Indonesia, yang masih belum ada pasca pandemi.
Kinerja DANA di tahun 2022 menunjukkan peningkatan penerimaan masyarakat terhadap transformasi digital dan menjadi salah satu pendorong kontribusi DANA yang berkelanjutan untuk percepatan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.
Menghadapi penghujung tahun 2022 dan 2023, DANA terus meningkatkan kinerjanya sebagai PJP yang memberikan layanan keuangan digital terbaik dan terpercaya kepada pengguna di Indonesia.
Sebelumnya, platform financial technology (Fintech) DANA mengumumkan bahwa aplikasi Dana mengalami peningkatan unduhan pada kuartal ketiga tahun 2022 (Q3).
Hal ini menjadikan aplikasi ini sebagai kategori aplikasi perbankan (keuangan) teratas di Indonesia baik di iOS App Store maupun Google Play, berdasarkan data.ai (sebelumnya App Annie).
“Peningkatan pengunduhan aplikasi DANA merupakan tanda positif meningkatnya adopsi dan kepercayaan masyarakat terhadap layanan keuangan digital,” kata Rangga Wiseno, Chief Product Officer DANA Indonesia.
Menurut Rangga, layanan keuangan digital kini tidak hanya menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern, tetapi telah menunjukkan kemampuannya untuk mendukung masa depan masyarakat melalui fungsi seperti asuransi dan investasi.
“Oleh karena itu, terus meningkatnya unduhan aplikasi DANA menjadi insentif bagi kami untuk mengembangkan fitur dan produk berikut serta memberikan pengalaman trading terbaik kepada seluruh pengguna,” ujarnya.
Dana mengatakan revolusi keuangan digital dapat mempercepat laju pertumbuhan ekonomi digital tanah air, membuka banyak peluang, mulai dari membentuk kebiasaan baru hingga memperluas akses ke layanan keuangan digital.
Menurut laporan Status Literasi Digital di Indonesia 2021 yang dirilis oleh Kementerian Informasi dan Komunikasi, 26,4% masyarakat menggunakan dompet digital minimal sebulan sekali dan 22,8% menggunakannya setiap beberapa bulan.
Sepanjang tahun 2022, DANAdi merasakan preferensi masyarakat dalam menggunakan layanan keuangan digital untuk mendukung aktivitas sehari-hari dan produktivitas.
Selain menjadi #1 di kategori Aplikasi Keuangan versi data.ai, DANA secara konsisten muncul di daftar “Favorit Semua Orang” di iOS App Store di #4 pada akhir September 2022.
DANA juga menduduki peringkat #2 di Indonesia berdasarkan Top Active Users atau Monthly Active Users dalam kategori Financial Apps pada iPhone dan Android di Indonesia dari Januari hingga Agustus 2022.
DANA juga mengumumkan komitmennya untuk membangun kepercayaan pengguna dengan menjadi aplikasi layanan keuangan digital yang mudah digunakan.
Hal ini dicapai dengan berfokus pada produk dan mengarahkannya pada kebutuhan dan karakteristik pengguna tanpa mengorbankan jaminan keamanan.
Produk yang baik memiliki tiga pilar yang saling terkait: teknologi, pengguna, dan bisnis, kata Rangga.
Ranga menambahkan bahwa dalam semua pengembangan produk di DANA, kami selalu memastikan bahwa produk tersebut dapat menyelesaikan masalah dan kebutuhan pengguna.
Perusahaan kemudian memperkenalkan solusi melalui teknologi berlapis, yang berdampak positif bagi keberlangsungan dana secara keseluruhan.
Dana juga mengungkapkan keistimewaannya sendiri, seperti mengirim uang. Awalnya hanya digunakan untuk mentransfer uang ke sesama pengguna, rekening bank, dan media sosial.
Namun, fitur tersebut sekarang memungkinkan pengguna mengirim uang ke penerima, baik bank maupun non-bank, yang tidak memiliki akses ke layanan keuangan digital.
Penerima dapat menarik uang yang dikirim ke aplikasi DANA melalui ATM BCA, Alfamart, Pegadaian atau agen terdekat lainnya yang terhubung dengan DANA.