Rilis Meta Untuk Penargetan Iklan Bertenaga AI Baru Untuk Mengurangi Diskriminasi: Unsyiahpress

Meta selalu menekankan pengurangan diskriminasi iklan melalui teknologi. Perusahaan baru-baru ini meluncurkan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) yang disebut Contrast Ratio Reduction System (VRS) di Amerika Serikat.

Teknologi Mo Facebook memastikan bahwa iklan ditampilkan kepada audiens yang lebih bertarget dan tidak bias terhadap kelompok budaya tertentu.

Setelah cukup banyak orang melihat iklan, sistem pembelajaran mesin membandingkan keseluruhan demografi audiens dengan demografi yang coba dijangkau pemasar.

Ini kemudian mengubah nilai lelang iklan (yaitu, kemungkinan iklan akan muncul) untuk ditampilkan lebih banyak atau lebih sedikit ke grup tertentu.

Dikutip unsyiahpress.id Rabu, 11/1/2023 VRS terus berjalan sambil menampilkan iklan karena Meta menyadari potensi masalah privasi.

Langkah ini mencegah sistem melihat perkiraan usia, jenis kelamin, atau etnis seseorang. Teknologi privasi diferensial juga memperkenalkan inovasi yang mencegah AI mempelajari informasi demografis seseorang dari waktu ke waktu.

Meta berkata, “Kami akan menerapkan VRS ke kredit domestik dan iklan terkait pekerjaan dalam tahun depan.”

Manfaat ini diperoleh setelah lebih dari satu tahun bekerja sama dengan Departemen Kehakiman dan Departemen Perumahan dan Pembangunan Perkotaan.

Meta (sebelumnya Facebook) dituduh pada tahun 2019 memungkinkan diskriminasi dalam iklan perumahan dengan mengizinkan pengiklan untuk mengecualikan demografi tertentu, termasuk yang dilindungi oleh undang-undang perumahan yang adil.

Dalam perjanjian Juni 2022, raksasa media sosial itu mengatakan akan meluncurkan VRS dan menghilangkan alat “penonton iklan pribadi” yang algoritmenya diduga menyebabkan diskriminasi.

Meta bahkan membatasi penargetan iklan pada 2019 sebagai tanggapan atas gugatan lain.

Bukan hanya meta yang bekerja untuk mengurangi iklan diskriminatif. Mulai tahun 2020, Google akan melarang pengiklan untuk menargetkan iklan Kredit, Perumahan, dan Pekerjaan.

Namun, teknologi yang digunakan untuk memerangi diskriminasi ini relatif baru. Selama AI Meta terbukti efektif, tidak mengherankan jika layanan Internet lainnya menerapkan sistem mirip VRS.

Sebelumnya, Women’s Truck Drivers Association menuduh Meta memasang iklan di Facebook yang “rutin mendiskriminasi” perempuan. Ini mengikuti keluhan baru-baru ini yang diajukan ke Komisi Kesempatan Kerja Setara AS.

Kelompok yang disebut Real Women in Trucking percaya bahwa wanita jauh lebih kecil kemungkinannya untuk melihat iklan Facebook untuk pekerjaan kerah biru atau pekerjaan yang sebelumnya mengecualikan wanita.

“Perempuan menerima proporsi iklan yang tidak proporsional untuk pekerjaan bergaji rendah di bidang pelayanan sosial, pelayanan makanan, pendidikan, perawatan kesehatan, dan khususnya dalam posisi manajerial yang secara historis dianggap sebagai pekerjaan perempuan,” kata asosiasi tersebut dalam pengaduannya. koran York. Selanjutnya, Selasa (6). / Desember 2022).

Keluhan tersebut menambahkan, “Algoritme Facebook secara teratur berperilaku seperti perekrut tahun 1960-an yang mengidentifikasi pekerjaan sebagai ‘laki-laki’ atau ‘perempuan’ berdasarkan stereotip gender, atau mendukung pekerja yang lebih muda.” .

Keluhan juga mengklaim bahwa Meta jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menampilkan senior dalam iklan pekerjaan jenis apa pun.

Namun, undang-undang hak sipil melarang iklan bertarget berdasarkan jenis kelamin atau usia. Meta kemudian menanggapi tudingan tersebut.

“Menangani keadilan dalam periklanan merupakan tantangan industri dan kami telah bekerja sama dengan kelompok hak sipil, akademisi, dan regulator untuk memajukan keadilan dalam ekosistem periklanan,” kata Facebook dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan menambahkan bahwa mereka secara aktif membangun teknologi yang dirancang untuk memungkinkan kemajuan bertahap dalam industri ini.

Ini bukan pertama kalinya Metame dituduh melakukan iklan diskriminatif. Raksasa teknologi itu sebelumnya menghadapi gugatan Departemen Kehakiman pada Juni 2020, menuduh Meta menerbitkan iklan perumahan yang menargetkan ras.

Meta juga membayar $5 juta dalam lima tuntutan hukum pada tahun 2019 yang berpusat pada penempatan iklan diskriminatif.